Wahyudin Latif dicegat selesai Jum’atan Untuk Berbicara Adat dan Budaya

banner 160x600
banner 468x60

Menara Media meminta Wahyudin Latif selesai Jum'at sebagai Toko Selatan Berbicara tentang Adat dan budaya,27/11/2020.

Berbicara Adat maka kita berbicara tentang Nilai.

Ketika berbicara tentang Budaya Pilkada maka ada 5 Pasangan Calon baik yang di Calonkan oleh Partai Politik maupun dari Jalur Independen.

Ketika sudah menjadi Calon itu adalah Putra dan Putri terbaik Kabupaten Sumbawa.

Maka saya(Wahyudin Latif) menempatkan diri sebagai Pemegang Adat,karena adat itu tentang Nilai maka ke-5 Calon ini harus duduk dipangkuan kita tau samawa dan yang terpenting sekali kepada timses maupun masyarakat pada umumnya mari berkompetisi secara sehat,saling menghargai diantara sesama jangan lupa bahwa kita orang sumbawa punya nilai yaitu saling Satingi, Saling Pedi dan saling Sakiki.Jangan karena beda pilihan dalam kompetisi ini, sementara maksud dan tujuan hanya berbeda bahwa kudanya yang terbaik, tapi cara membelanya itu sama dengan menghilangkan bahwa sesungguhnya kudanya sudah siap masuk pinis.

Jadi Pilkada ini harus dihormati oleh semua pihak dan saya tidak mengatakan No. 1,2,3,4 dan 5 yang walaupun saya sudah punya pilihan tapi saya tidak mau mengatakan itu karena saya menjaga tentang Nilai. Nilai ini jika kita pegang oleh siapa saja maka dia tidak akan saling cela mencela dan saling mengkambing hitamkan antara satu dengan lainnya.

Karena Orang Sumbawa adalah orang-orang hebat, jago,petarung dan banyak ditingkat Nasional. Maka orang-orang hebat dan jago ini perlu kita proteksi,dijaga terutama harkat dan martabat kita sebagai Tau Samawa dan perlu untuk kita jaga secara bersama. Jangan sampai akibat nila setetes rusak susu sebelanga, yang perlu untuk kita pelihara,caranya kita sembunyikan Nila setetes tersebut dipersembunyiannya yang tidak akan bisa untuk diketemukan dan yang ditampilkan hanya susu sebelanganya saja. 

Dari Kelima Calon tersebut adalah Putra dan Putri terbaik Samawa Intan Bulaeng.Bulaeng itu adalah benda tetapi kata bulaeng itu menurut orang-orang tempo dulu sumbawa, Bulaeng itu punya Pikiran Cerdas,punya akhlak yang mulia,bertakwa kepada Allah SWT,loyal dengan sesama ini yang disebut bulaeng. Nilai lah yang perlu dijaga oleh kita semua dalam rangka kita serahkan kepada generasi penerus supaya sumbawa ini tetap menjadi Samawa ade nyaman nyawe, senap semu mampis rungan,baru bisa dikatakan mampis rungan apabila senap semu dan baru bisa dikatakan senap semu bila kita saling bisa saling harga menghargai. 

Kita orang sumbawa sangat penting mengadopsi nilai-nilai Luhur masa lalu kita untuk menjawab realitas kekinian kita dan dinamika kedepan jadi tidak bisa lepas dari Adat Istiadat agar kita selamat sebagai generasi penerus kedepan. 

Ada Lawas Tau Samawa 

Harapan Orang Banyak yang akan memimpin Sumbawa Kedepan. 

Sarea Tau Olo Rasate 

Senap Semu Desa Darat Jatu Ruris kepamendi

Pamendi Tau Bajatu Nabajangi Kelo Tau Parate ate ke Tupeno

Jadi meletakan harapan seluruh masyarakat sumbawa supaya warga dan masyarakat sumbawa diperhatikan Kesehatannya, Pendidikannya,Pertaniannya,Ekonomi dan menjaga kondusifitas masyarakat karena hal ini sangat penting terhadap peemimpin kedepan tentu yang akan memimpin Pemimpin yang kuat Jasmani,Rohani,cerdas ,pintar dan memiliki kwalitas daya saing jauh kedepan untuk Kemajuan Sumbawa Tau ke Tana Samawa. Pungkasnya. 

Menara Media"Mulyadi".

 

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Wahyudin Latif dicegat selesai Jum’atan Untuk Berbicara Adat dan Budaya"